Sabtu, 22 Juni 2013

Komputer dan Sejarah Perkembangannya

Salam hangat dan salam jumpa lagi gan, karena kesibukan sehari-hari admin jarang update, nah lanjut tanpa basa-basi kali ini kita akan membahas asal-usul komputer dan sejarah perkembangannya, yang sebagian materinya admin ambil dari tetangga sebelah dengan maksud untuk lebih melengkapi materi ini, semoga bermanfaat dan selamat membaca.....
 

Semakin hari semakin banyak orang yang bisa menggunakan komputer dan bisa dikatakan komputer saat ini merupakan sebuah kebutuhan, bisa untuk transaksi bisnis intenet, bekerja, maen game dan lain sebagainya.

Namun apa ada yang tahu asal mula komputer? Atau sejak kapan ada komputer? dan Siapa penciptanya?

Sedikit mengulas kembali mengenai asal usul dan sejarah komputer, siapa tahu diantara kita masih ada yang membutuhkan informasi ini atau malahan diantara kita hanya bisa menggunakan komputer tapi tidak tahu asal usul dan sejarah komputer, apabila ada kekurangan dalam artikel ini hara p ditambahkan di bagian komentar saja.

Asal usul (sejarah) dan evolusi komputer terbagi dalam dua zaman yaitu sebelum 1940 dan selepas 1940.

Sebelum Tahun 1940:

GENERASI PERTAMA

Pada awalnya manusia mengira-ngira dengan mengunakan jari, batu, kayu kecil, simpul pada tali dan sebagainya. Kemudian manusia mencoba menciptakan alat yang memudahkan kiraan itu. Asal usul komputer akan kita mulai dari sebuah alat yang digunakan sejak 5000 tahun yang lalu. Alat ini dipanggil ABAKUS.

Abakus juga dikenali dengan nama cepoa, sempua atau sempoa. Alat inidigunakan pertama kali di Babylona dan terus menyebar ke negara-negara Asia.

Abakus ini sendiri telah digunakan untuk membina Piramid Olhe ahli kejuteraan di Mesir bertahun-tahun yang lalu. Abakus telah membantu menghitung berat dan tinggi batu yang diperlukan, juga bagaimana batu-batu ini perlu disusun. Kini piramid-piramid ini masih berdiri indah dan kenyataannya abakus memang sebuah mesin kira yang cukup jitu dan tepat.

Abakus masih digunakan pada hari ini oleh sekelompok pedagang Cina di Malaysia. Contohnya di Kedai Runcit dan di Kedai Emas. Kini mulai awal 1994 Abakus juga diperkenalkan di sekolah-sekolah dasar di negara kita. Alat ini diharapkan dapat meningkatkan daya ingat secara manual di kalangan murid.

Di Jepang, abakus dikenali sebagai soroban. Setiap tahun Jepang mengadakan pertandingan untuk menguji kecakapan mengira dengan abakus di kalangan pelajar sekolah. Apabila ada yang bisa membuat kiraan dengan cepat akan memenangi pertandingan tersebut.


Kemahiran ini amat disanjungi tinggi oleh masyarakat Jepang. Abakus dikatakan setanding dengan kalkulator dalam membuat kiraan campur, tolak, darab dan bagi.

Selepas abakus banyak lagi alat mengira diciptakan manusia. Diantaranya yang menarik ialah mesin Pascaline yang merupakan mesin kira (kalkulator) mekanikal yang pertama.

Alat ini dicipta pada tahun 1645 oleh Blaise Pascal, seorang ahli matematika berbangsa Perancis. Keupayaan Pascaline terhadap alat ini cuma dapat membuat kiraan campur dan tolak dan juga dianggap kurang tepat. Lantas manusia mencoba menciptakan alat yang lebih baik.

Walau bagaimanapun ciptaan pascal merupakan sebuah sumbangan yang penting. Oleh itu Pascal diberi sanjungan tinggi di mana sebuah bahasa komputer dinamakan Pascal.

Sejarah perkembangan komputer bermula dengan wujudnya proses pengiraan di dalam kehidupan manusia. Bermula dengan penggunaan jari-jemari manusia, kemudian tercipta alat Abakus yang dapat melakukan pengiraan asas campur, tolak dan darab.

Kemudian pada tahun 1617, John Napier telah mengemukakan sifir logaritma dan alat ini dipanggil tulang Napier yang dapat melakukan berbagai macam perhitungan angka-angka.

Kemudian Blaise Pascal pula menciptakan mesin hitung mekanikal pertama pada tahun 1642 yang beroperasi dengan cara menggerakkan gear pada roda dan kemudian telah dikembangkan oleh William Leibnitz.

Pada tahun 1816 pula Charles Babbage telah membina the difference engine yang telah dapat menyelesaikan masalah perhitungan sifir matematik seperti logaritma secara mekanikal dengan tepat sampai dengan dua puluh digit.

Mesin ini juga telah menggunakan semacam "card" sebagai input, untuk menyimpan "file-file" data melakukan perhitungan secara otomatis dan seterusnya mengeluarkan output dalam bentuk cetakan pada kertas.

Kemudian beliau telah memberikan perhatian kepada the analytical engine pula.

Card tersebut pertama kali telah digunakan sebagai alat input dalam industri tekstil pada mesin tenun otomatis ciptaan Joseph Jecquard pada tahun 1801.

Herman Hoolerith
telah mempopularkan penggunaan "card" sebagai alat input data yang telah banyak digunakan penduduk Amerika pada tahun 1887. Howard Aiken memperkenalkan penggunaan mesin elektromekanika yang disebut "Mark 1" pada tahun 1937;elektronik dan mekanikal. Mesin ini dapat menyelesaikan masalah fungsi-fungsi trigonometri di samping perhitungan-perhitungan yang telah dilakukan mesin-mesin sebelum ini.

Setelah Tahun 1940:

GENERASI KEDUA ( 1959 - 1964 )


Komputer-komputer generasi kedua telah menggunakan transistor dan diode untuk menggantikan saluran-saluran vakum dan menjadikan ukuran komputer lebih kecil dan murah. Cara baru menyimpan memori juga diperkenalkan melalui teknologi magnetik. Keupayaan pemprosesan dan ukuran memori utama komputer juga bertambah dan manjadikan ia lebih efisien.

Kemunculan FORTRAN dan COBOL menandakan permulaan bahasa tingkat tinggi untuk menggantikan bahasa pengantar dalam mesin yang lebih sukar.

Minikomputer juga telah diperkenalkan yaitu yang kedua terbesar di dalam generasi komputer. Versinya yang pertama ialah DEC PDP 8 yang diciptakan pada tahun 1964 yang berguna untuk memproses data-data.

GENERASI KETIGA (1964 awal - 80'an)

Chip mulai menggantikan transistor sebagai bahan logis komputer. Jenis komputer terkecil mikrokomputer telah muncul dan paling cepat menjadi popular seperti Apple II, IBM PC dan Sinclair.

Banyak bahasa pemrograman telah muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1.

Kebanyakan mikrokomputer didasari dengan tafsiran bahasa secara mendalam, chip ROM untuk menggunakan bahasa BASIC.

GENERASI KEEMPAT (awal 80'an - ... )

Chip masih digunakan untuk memproses dan menyimpan memori. Ia lebih canggih, dilengkapi hingga ratusan ribu komponen transistor yang disebut pengamiran skala amat besar (very large scale intergartion, VLSI). Pemprosesan dapat dilakukan dengan lebih tepat, sampai jutaan bit per detik.

Memori utama komputer menjadi lebih besar sehingga menyebabkan memori sekunder kurang penting. Teknologi chip yang maju ini telah mewujudkan satu lagi kelas komputer yang disebut Supercomputer.

GENERASI KELIMA (masa depan)


Generasi kelima dalam sejarah evolusi komputer merupakan komputer impian masa depan. Ia diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa.

Komputer ini juga mempunyai ingatan yang amat besar sehingga memungkinkan penyelesaian lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan. Unit pemprosesan pusat juga dapat berfungsi sebagai otak manusia.

Komputer ini juga mempunyai kepandaian tersendiri, merespon keadaan sekeliling melalui penglihatan yang bijak dalam mengambil sesuatu keputusan bebas dari pemikiran manusia yang disebut sebagai artificial intelligence.

SEJARAH komputer berawal dari abakus atau sempoa, yang sudah ada di Cina abad VI SM, dan kawasan Mediterania di masa Yunani dan Romawi kuno. Namun, perkembangannya seakan terhenti sampai saat Wilhelm Shickard, teman astronom Johannes Keppler, menemukan kalkulator mekanik pertama di Jerman (1623).
Sembilan belas tahun kemudian, ilmuwan Prancis Blaise Pascal (1623-1662) mengukir langkah baru dengan kalkulator otomatis delapan kolom digit, yang baru bisa mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan. Tiga puluh tahun kemudian alat ini dikembangkan lagi untuk pembagian dan perkalian oleh matematikus Jerman Gottfried Wilhelm Von Leibniz (1646-1716). Ia juga menyembangkan sistem binari, yang belakangan amat berperan dalam pengembangan cara berpikir dan bahasa komputer.
 Untung tahun 1801 penenun Prancis Joseph Marie Jacquard (1752-1834) menemukan alat tenun Jacquard yang bekerja sesuai kode perintah berupa lubang-lubang di punched card. Jarum akan lolos jika mendapati lubang, tapi tak bisa mengaitkan benang bila permukaan kartu rapat. Alat itu mengilhami penemu dan matematikus Inggris, Charles Babbage (1792- 1871), untuk mengembangkan komputer mekanis atau mesin analitis yang punya semua elemen dasar komputer otomatis.
Tapi, proyeknya macet karena tak ada onderdil yang pas. Lagi pula ia kekurangan dana. Tahun 1930 Vannevar Bush, insinyur listrik AS, meyembangkan mesin untuk menyelesaikan persamaan diferensial. Mesin ini dianggap komputer analog yang andal. Sementara itu baru 14 tahun kemudian, komputer digital dalam bentuk awalnya berhasil di rancang oleh Howard Aiken, profesor di Harvart University, AS. Mark I, begitu namanya, bisa melakukan tiga penjumlahan per detik. University of Pennsylvania tak mau kalah.
Dua tahun kemudian dua insinyurnya, J Presper Eckert, JR dan John William Mauchlay, membangun komputer digital elektronik atau Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC). Mesin berbobot lebih dari 27 ton itu butuh ruangan 140 meter persegi.
 Untuk beroperasi di perlukan listrik 150 kilowatt, setara dengan pasokan listrik untuk kompleks kecil berisi 65 unit rumah menengah. Komputer yang sebesar rumah ini 1.000 kali jauh lebih cepat daripada Mark I. Ia bisa melakukan 5.000 penjumlahan dan 1.000 perkalian per detik. Eckert dan Muchlay lalu bekerja sama dengan matematikus Amerika kelahiran Hungaria, John Von Neuman.
Hasilnya, pada tahun 1951 mereka merancang Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), yang mempengaruhi desain komputer generasi berikutnya. Di tahun itu pula, mereka membangun komputer yang lebih maju, Universal Automatic Computer (UNIVAC), yang jadi komputer komersil pertama. Berkat temuan transistor tahun 1947, muncul komputer yang sepenuhnya bertransistor karya insinyur Amerika, Seymour Cray tahun 1958.
Namun temuan Integrated Circuit (IC) tahun 1960-an menyebabkan revolusi dari kapasitas kerja dan ukurannya. Karena mampu menyimpan ribuan transistor dalam secuil chip silikon, IC memungkinkan bentuk komputer jadi ringkas dengan main frame berkecepatan tinggi dan kapasitas memori besar.
Para pembuat mikroprosessor berlomba memasuki kecepatan pemroses data dalam giga (GHz).Misalnya Athlon dari AMD, Pentium III dan Pentium IV. Perkembangan komputer makin lekat dengan kehidupan manusia saat di temukan komuter pribadi (PC) buatan Altair (1975).
Cuma baru tahun 1977, ketika dua pelajar Amerika, Steven P. Jobs dan Stephen G. Wozniak, mendirikan Apple Computer Company, lahirlah PC Apple II dengan harga terjangkau. Akhirnya Personal Computer (PC) berkembang seperti sekarang ini. Banyak program yang menyertainya, apalagi ditemukannya pemprograman berbasis windows, lebih memudahkan pengguna komputer.


Perkembangan komputer
1904
Sir John Ambrose Fleming invents the vacuum tube and diode.
1939
John Atanasoff and Clifford Berry invent the first electronic computer at Iowa State University. In 1973 a judge in a patent infringement suit would rule that this research was the idea source for the modern computer.
1940
Konrad Zuse in Germany develops the first programmable calculator using binary numbers and Boolean logic. His program runs on a paper tape.
1943
The world's first electronic valve programmable logic calculator, the Colossus, is built in Britain for the purpose of breaking Nazis codes. On average, Colossus deciphers a coded message in two hours.
1945
Alan Turing publishes his paper on the Universal Machine, laying out the principles of the modern computer.
1945
John Von Neumann, working independently of Turing, writes a document describing the stored-program computer, the basis for the computer industry.
1946
ENIAC, the first electronic digital computer put into operation.
1947
John Bardeen, Walter H. Brattain, and William B. Shockley of Bell Telephone Laboratories invent the transistor.
1949
Bell Labs publishes Shannon's theory of relay logic.
1951
UNIVAC becomes the first commercial computer.
1952
The first database is implemented on RCA's Bizmac computer.



1952
Admiral Grace Hopper develops the first computer compiler, leading to the creation of user-friendly languages and opening the door to a larger universe of computer applications and users.
1954
Gene Amdahl develops the first computer operating system for the IBM 704.
1955
Reynold Johnson develops the first disk drive.
1957
FORTRAN becomes commercially available.
1958
Jack Kilby of Texas Instruments invents the integrated circuit (IC).
1958
Seymour Cray of Control Data Corp. develops the first transistorized computer.
1958
ALGOL computer language, a high-level language designed specifically for programming scientific computations, comes into use.
1959
COBOL computer language is created.
1961
Silicon chips first appear.
1962
First minicomputer comes into use.
1963
Douglas Englebart, SRI, patents the idea of the computer mouse.
1964
IBM releases its Model 360 computer, which will result in $100 billion in sales over its life cycle.
1964
John Kemeny and Thomas Kurtz develop the BASIC computer language. Intel Chairman Gordon Moore suggests that integrated circuits would double in complexity every 18 months. This later becomes known as Moore's Law and is applied to microprocessor speed.

1965
Digital Equipment Corp. (DEC) introduces PDP-8 minicomputer.
1969
PASCAL computer language.
1971
Intel introduces its popular 4004 4-bit microprocessor, starting the evolution of Intel's famous line of 386, 486, and Pentium processors.
1973
Xerox develops first Ethernet Local Area Network (LAN) technology.
1975
Bill Gates and Paul Allen found Microsoft.
1976
Steve Jobs and Steve Wozniak form the Apple Computer Company.
1976
Alan Shugart, IBM, invents the 5.25-inch floppy.
1979
Dan Bricklin introduces the Visicalc spreadsheet.
1980
Philip Estridge, IBM, develops the first hard drive for PCs. It holds 10MB.
1981
IBM introduces the PC.
1982
First IBM-compatible PC clone is introduced by Columbia Data Systems.
1983
Apple Computer introduces the Macintosh computer. Microsoft releases Microsoft Windows 1.0.




Kelebihan :
Selama ini Google.com memang kita kenal sebagai situs mesin pencari yang sangat baik.Tapi selain itu Google masih punya manfaat-manfaat lain.Nah apa manfaat-manfaat itu?Berikut ini adalah kelebihan dari Om Google:

1. Google bisa digunakan untuk melihat cuaca

Untuk mengetahui cuaca kota-kota besar di seluruh dunia.
2. Google bisa digunakan untuk melihat waktu.

Untuk melihat waktu di seluruh dunia.
3. Google bisa digunakan sebagai kalkulator.

Petunjuk penggunaan kalkulator, bisa dibaca di http://www.google.com/help/calculator.html

4. Google bisa digunakan untuk mencari konstanta.

Kita bisa mencari nilai sebuah konstanta di Google, misalnya: pi, e, h, G.
5. Google bisa digunakan untuk mengkonversi satuan.

Anda bisa mempergunakan Google untuk mengubah satuan ke banyak konversi berbeda.
6. Google bisa digunakan untuk mencari definisi kata atau istilah asing.[/b]

Digunakan untuk mencari definisi kata atau istilah asing yang kita inginkan.

7. Google bisa digunakan untuk mengkonversi mata uang.
Google juga mampu mengkonversi mata uang, misalnya dari dollar ke rupiah. Namun, pada fitur ini, Anda harus tahu kode mata uang suatu negara.

8. Google bisa digunakan untuk melihat tracking number pengiriman anda.

Digunakan untuk melihat tracking number UPS , Fedex atau USPS.
Kekurangan  :
1.kalau kita search,kadang tidak memenuhi dan menyimpang dari apa yang kita mau(misalnya kita mau search"ruby in seal" malah keluar-nya gambar ruby nyata)
2.mudah disadap hacker/cracker
3.terkadang keluar website yang di-search nya yang bervirus..
- google adsensenya belum dukung penuh website yang berbahasa indonesia
- Fasilitas filter virus pada link website hasil search engine belum optimal
- Mudah dimanfaatkan hacker/cracker untuk menjebol situs/website
- Sering muncul peringatan ejaan tidak benar padahal kita sudah mengetik menggunakan bahasa Indonesia yang baku, hal ini disebabkan karena database keyword bahasa Indonesia masih belum terupdate sempurna
- Algoritma searchenginenya belum bisa diketahui (karena tidak open source)
dll
namun perlu diingat bahwa google adalah search engine terbaik di dunia, tetapi tidak ada produk manusia yang sempurna.

3. Kelebihan dan kelemahan yahoo

Kelebihan:
1. sebagai surat menyurat
2. salah satu web yang menyediakan fasilitas gratis.
3. banyak fasilitas yang disediakan,
4. berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karna termasuk situs local
Sebagai sarana pencarian paling populer saat dan komplit ini meliputi:
_Kecepatan pencarian Search Engine ini 3.8 %
_Keakuratan pencarian 3.7 %
_Cara penggunaan 3.9 %
_Fasilitas Tambahan 3.3 %
_Perbandingan dengan search engine lain paling komplit
kekurangan yahoo:
_Kekurangan: lama aksesnya,
loadingnya lama,sering terjadi pembobolan password menjadikan tidak aman,lama brawsingnya n sering gak kebuka email saya,yahoo indonesia bahasanya kurang lugas,Sayang kapasitas emailnya sangat terbatas dan software pendukung masih kurang
- Integrated services with single account
- Distributed servers secara geografis sehingga cenderung lebih mudah diakses dibandingkan situs internasional lainnya

Kekurangan:
- Untuk mail, model pengaturan pesannya masih konvensial per pesan, sehingga bila tergabung dalam mailing-list akan sedikit merepotkan (belum terpilah berdasarkan thread topik)
- Untuk iklan relatif lebih banyak dan mengandalkan graphics sehingga terkadang agak lambat diakses
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. sering disalahgunakan karna terlalu mudah membuat ID
3. Skin untuk YM masih sangat simple, tak seperti IM yang ada cukup banya
k
Yahoo!Answer suka menghapus jawaban/pertanyaan orang tanpa dimengerti dan dipilah terlebih dahulu. Banyak jawaban/pertanyaan yang menghina SARA, tetapi didiamkan saja. Ada jawaban/pertanyaan yang normal, termasuk perdebatan yang normal, dibilang penyalahgunaan dan jawaban/pertanyaan kita dihapus.

Mungkin atas dasar laporan orang lain. Tapi kan seharusnya dicerna dulu. Saya rasa sih moderator Y!A Indonesia nggak bisa bahasa Indonesia.
Sumber :
·         Wikipedia
·         The Gau’ 2009 ; Asal Usul Komputer dan Sejarah Perkembangannya; http://muhsakirmsg.blogspot.com

4 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar Untuk Perbaikan Postingan Selanjutnya !

Facebook Twitter Fans Page
Gratis Berlangganan artikel B-digg via mail, join sekarang!